LAGU HIJAU HITAM

HYMNE HMI



.

News

Bagaimana Reformasi Dan Birokasi Menurut Anda Saat Sekarang Ini ?

Image and video hosting by TinyPic

SEA GAMES XXVI

Kalender

Followers

Polling ?

Blog Ini Menurut Anda ?

wibiya widget

Biografi Lafran Pane - Pendiri HMI (Himpunan Mahasiswa Islam)

Lafran Pane lahir di kampung Pagurabaan, Kecamatan Sipirok, yang terletak di kaki gunung Sibual-Bual, 38 kilometer kearah utara dari Padang Sidempuan, Ibu kota kabupaten Tapanuli Selatan, dia merupakan tokoh pendiri organisasi HMI (Himpunan Mahasiswa Islam)..

Selengkapnya...

Gubernur Minta HMI Bantu Pembangunan

Senin, 14 Juni 2010 21:34 Palembang, Situs Hukum - Program pembangunan tidak bisa dilaksanakan dengan baik tanpa dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Oleh karena itu partisipasi aktif HMI sangat diharapkan. Demikian harapan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin ketika menerima pengurus HMI Cabang Palembang dipimpin Ketuanya Jon Kenedy di Griya Agung Palembang, Minggu malam. .

Selengkapnya...

HMI dalam Tantangan Lingkungan

Untuk menyonsong HMI masa depan, semestinya memiliki kemampuan organsiasi yang handal dan mantap, karena masalah yang di hadapi bukanlah tugas ringan tetapi sebuah masalah yang berat dan rumit, karena melihat HMI hari ini sebagai kegagalan perjuangan karean ditandai melemahnya HMI kenyataan ini ditandai dengan berbagai kritikan dan gugatan dan serta hujatan terhadap HMI.

Selengkapnya...


make widget

INFOGUE

TOKOH

Diposting oleh HMI KORKOM UIC JAKARTA Jumat, 03 Februari 2012

AMIEN RAIS - HMI

Amien Rais - Bapak Reformasi Indonesia

Tokoh Jogja - Akademisi




Amin Rais merupakan tokoh politik yang melejit namanya menjelang lahirnya gerakan reformasi yang dimotori mahasiswa di tahun 1998,Ia dikenal sebagai tokoh penggagas reformasi dan orang yang dianggap kritis semasa pemerintahan Presiden Soeharto. Lahir di Solo Jawa Tengah 26 April 1944, Amin merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Semasa kecil ia dididik dalam lingkungan agama islam yang kental,orang tuanya sendiri berkegiatan aktif di organisasi Muhammadiyah. Semasa kecil dihabiskan amin di kota kelahirannya, yaitu surakarta solo. Saat TK,SD,sampai SMA dilaluinya di kota tersebut. Di samping sekolah umum, ia juga mengikuti pendidikan agama di Pesantren Mamba’ul Ulum dan nyantri di pesantren Al-Islam.
Sewaktu kuliah di Universitas Gadjah Mada, Amin Rais belajar di  Hubungan Internasional sebagai jurusan yang dipilihnya karena cita – cita Amin ketika itu ingin menjadi seorang Duta Besar. Setelah itu Ia menikah dengan seorang gadis yang sudah dikenalnya sejak kecil, bernama Kusnasriyati Sri Rahayu pada tanggal 9 Februari 1969. Saat ini mereka dikarunai lima orang anak, tiga putra dan dua putri bernama Ahmad Hanafi, kemudian Hanum Salsabiela, AhmadMumtaz, Tasnim Fauzia, dan yang terakhir Ahmad Baihaqy. Selain terus menemani kegiatan Amin, istrinya Kusnasriyati mengisi kesibukannya dengan membangun sebuah Taman Kanak – Kanak ( TK) di samping rumah.
amien raisKetika menjadi mahasiswa, Amin aktif  berorganisasi, Ia termasuk salah seorang pendiri Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah[IMM]. Ia juga pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Islam [HMI], dan pernah dipercaya untuk menduduki jabatan sekretaris Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam [LDMI] HMI Yogyakarta. Selain itu ,semasa kuliahnya Ia  juga produktif dalam menulis artikel – artikel serta opini di berbagai surat kabar. Sampai muncul larangan untuk berkuliah ganda dari pemerintah,selain terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ( FISIPOL )UGM , Amin Rais juga berkuliah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri [IAIN] Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Amien menyelesaikan studinya di UGM pada tahun 1968 ,dengan tugas akhir berjudul Mengapa Politik Luar Negeri Israel Berorientasi Pro Barat dan lulus dengan nilai A. Kemudian Ia melanjutkan pendidikan pascasarjana di University of Notre Dame, Indiana, Amerika Serikat, yang diselesaikan tahun
1974  dengan gelar MA. Kemudian Ia melanjutkan jenjang studinya pada program doktor di University of Chicago, AS, dengan mengambil bidang studi Timur Tengah dan meraih gelar doktor pada tahun 1981.Ketika melakukan penelitian untuk mendapatkan gelar doktor,Amin melakukan penelitiannya di Mesir selama satu tahun. Selama itu juga Ia terdaftar sebagai mahasiswa luar biasa di Departemen Bahasa, Universitas Al-azhar,Kairo.
Prinsip hidupnya ialah mencari ridha dan ampunan Allah. Untuk mencapainya, orang harus berbicara dan berbuat apa adanya. Amin juga  membagi kebahagiaan menjadi tiga jenis, yaitu kebahagiaan spiritual, kebahagiaan intelektual, dan kebahagiaan psikologis. Kebahagiaan spiritual diperoleh dengan cara menjalani hidup sesuai dengan rel agama. Kebahagiaan intelektual diperoleh dengan cara memberikan kontribusi pemikiran kepada masyarakat. Sedangkan kebahagiaan psikologis didapatnya bila ia bisa berbuat atau menolong orang lain. Saat ini Amin Rais masih aktif sebagai pengajar di FISIPOL UGM. (Afra Khumairah/kotajogja.com)

0 komentar

Posting Komentar

Prof. Lafran Pane

PENDIRI HMI PENDIRI HMI

Foto LK I HMI UIC Jkt

KLIK IKLAN INI

About Me

HMI KORKOM UIC JAKARTA
Lihat profil lengkapku

Labels

http://artikelkomputerku.blogspot.com/2010/01/cara-membuat-banner-berjalan-di-blog.html

BACKROUND

Change Background of This Blog!


Pasang Seperti Ini